Home » » PANCASILA BUKTI INDONESIA BUKAN NEGARA SEKULER

PANCASILA BUKTI INDONESIA BUKAN NEGARA SEKULER

Written By MUHAMMADIYAH BONE on Selasa, 06 September 2011 | 20.24

PANCASILA BUKTI INDONESIA BUKAN NEGARA SEKULER

oleh Imawan Aspikal Bone pada 06 September 2011 jam 7:47
Indonesia Negara keastuan yg merupakan Negara berpenduduk muslim terbesar yang ada di dunia, Negara yang sudah memproklamasikan kemerdekaan pada tahun 1945 silam, umur kemerdekaan yang tdk muda lgi karena mencapai 66 tahun, dimana kemerdekaan ini dengan mengorbankan ribuan nyawa. Jadi Indonesia merdeka bukan kemurahan hati pemerintah jepang tapi merupakan perjuangan rakyat Indonesia yang berhasil memanfaatkan situasi politik di jepang pasca bom atom di Hiroshima dan Nagasaki.

Dimana waktu itu soekarno dan bung hatta memproklamasikan kemerdekaan RI denga menempatkan PANCASILA sebagai dasar Negara. Dengan mencermati pancasila sebagai dasar Negara, apa betul Negara Indonesia adalah Negara sekuler yang memisahkan antara Negara dan agama.
PANCASILA denga sila pertama . KETUHANAN YANG MAHA ESA. Dalam sila ini memang tidak langsung mengacu pada islam akan tetapi sila ketuhanan yang maha esa merupakan manifestasi dari ajaran utama islama yaitu tauhid, dimana mengesahkan tuhan yaitu Allah. Jadi sangat keliru kalau kita menganggap bahwa Indonesia adalah Negara sekuler, seandainya Indonesia Negara sekuler pasti tidak ada departemen agamanya,
PANCASILA dengan sila kedua KEMANUSIAN YANG ADIL DAN BERADAB., dalam sila ini dimana rakyat dituntut untuk memprbaiki akhlak, jdi lagi lagi pancasila mnginspirasi pola pikir yang berpacu pada al qur’an dan sunnah dimana menginspirasi kita untuk memperbaiki akhlak, sebagaimana dalam hadis yang dirawayatkan ole abu huraira R.A Aku hanya diutus untuk menyempurnakan akhlak yang mulia.
PANCASILA sila ke tiga PERSATUAN INDONESIA, dimana dalam sila ini mengajak kita untuk menjaga persatuan dan kesatuan, sama dengan islam dimana islam mengajarkan untuk menjaga persatuan sebagaimana dalam surah ali imran ayat 103
وَاعْتَصِمُوْا بِحَبْلِ اللهِ جَمِيْعًا وَّلاَ تَفَرَّقُوْا وَاذْكُرُوْا نِعْمَةَ اللهِ عَلَيْكُمْ إِذْ كُنْتُمْ أَعْدَاءً فَأَلَّفَ بَيْنَ قُلُوْبِكُمْ فَأَصْبَحْتُمْ بِنِعْمَتِهِ إِخْوَانًا وَكُنْتُمْ عَلَى شَفَا حُفْرَةٍ مِّنَ النَّارِ فَأَنْقَذَكُمْ مِّنْهَا كَذَالِكَ يُبَيِّنُ اللهُ لَكُمْ ءَايَتِهِ لَعَلَّكُمْ تَهْتَدُوْنَ
Yang artinya : “Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, Maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah, orang-orang yang bersaudara; dan kamu telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari padanya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu, agar kamu mendapat petunjuk”.
Sebagaiman ayat diatas supaya kita jangan bercerai berai, sama halnya dengan pancasila supaya kita menjaga persatuan dan kesatuan dalam tatanan Negara Indonesia, jadi lagi lagi Pancasila punya muatan dalam alqur’an .
PANCASILA Sila 4 KERAKYATAN YANG DIPIMPIN OLEH HIKMAT KEBIJASANAAN DALAM PERMUSYAWARATAN PERWAKILAN dala m sila ini dimana ppemimpin harus bersikap bijaksana dan harus mengedepankan musyawara untuk mnyelesaikan persoalan rakyat sebagaimana dlm alqur’an dijelaskan "Dan bagi orang-orang yang menerima (mematuhi) seruan Tuhannya dan mendirikan shalat, sedang urusan mereka (diputuskan) dengan musyawarah antar mereka, dan mereka menafkahkan sebagian dari rezki mereka yang Kami berikan kepada mereka." (QS Asy-Syuura: 38)
PANCASILA sila ke 5 Keadilan social bagi seluruh rakyat Indonesia, dimana sila ini mnyeruh untuk berlaku adil btanpa mellihat RASnya, dan memang dlm islam kita dituntut untuk berbuat adil sebgaimana dlm alqur’an " Sesungguhnya telah Kami utus rasul-rasul Kami dengan membawa bukti-bukti yang nyata dan telah Kami turunkan bersama mereka Al-Kitab dan Al-Mizan supaya manusia dapat menegakkan keadilan. Dan Kami ciptakan besi yang padanya terdapat kekuatan yang hebat dan berbagai manfaat bagi manusia, dan supaya Allah mengetahui siapa yang menolong (agama)Nya dan rasul-rasulNya sedangkan Allah tidak dilihatnya. Sesungguhnya Allah Maha Kuat Lagi Maha Perkasa."
" Sesungguhnya Allah menyuruh (kalian) berbuat adil dan berbuat ihsan, memberi kepada kaum kerabat, dan Allah melarang perbuatan keji, kemungkaran dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepada kalian agar kalian dapat mengambil pelajaran." (Al-Qur'an 16:90)
Itu adalah dua ayat al-Qur'an dari dua surah yang berbeda. Pertama, ayat 25 Surah al-Hadid; kedua ayat 90 Surah al-Nahl. Keduanya, di samping ayat-ayat pada surah-surah yang lain, membahas tema yang sama iaitu keadilan. Pada ayat yang pertama kita dapati bahawa tujuan seluruh agama samawi adalah menegakkan neraca keadilan. Pada ayat yang kedua, Allah SWT menyuruh berbuat keadilan dan ihsan dengan memandang keduanya sebagai rukun dan dasar Islam, sekaligus menjelaskan ruh Islam, iaitu melarang kekejian, kemungkaran dan kezaliman.
Jadi suda tidak ada alasan menganggap bahwa Indonesia adalah Negara sekuler, karena pancasila sebagai sumber kebudayaan Indonesia telah menginspirasi setiap pikiran dan polapikir, perilaku dan tindakan seluruh bangsa Indonesia dengan muatan sila silanya yang relevan dengan islam,
Akan tetapi tidak sedikit dari pemimpin kita yang melanggar dari pada pancasila yang ideologinya terkikis dengan keserakahan, dan omong kosong jika pemerintah saat ini menjanjikan kemakmuran bangsa di masa depan, pradigma pembangunan yang diterapkan pemerintah cendrung kapitalilistik tidak sejalan dengan budaya bangsa, kemakmuran dan kesejahteraan hanya diukur dengan materi sehingga nilai nilai budaya kian luntur.
Jadi inilah tantangan Muhammadiyah kedepan, bagaiman supaya didada pemerintah ada garuda, jangan hanya sepakbola ada garuda di dadaku, tapi pemerintah juga harus menenannmkan garuda didadanya.menjadikan PANCASILA sebagai pola pikir untuk meminpin bangsa ini dan menjadikan pancasila sebagai insirator perjuangan untuk rakyat Indonesia.

By :Immawan Aspikal
http://www.facebook.com/note.php?note_id=269581963059859
Share this article :

TULISAN TERPOPULER



 
Redaksi : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. MUHAMMADIYAH KABUPATEN BONE - All Rights Reserved